Joong-Ki
Vol. 2 No. 3: Juni-September 2023

Bimbingan Klasikal Sebagai Upaya Pencegahan Perilaku Bullying Siswa Tingkat Rendah

Ismalandari Ismail (Universitas Negeri Makassar)
Audri Damayanti (Universitas Negeri Makassar)
Dita Putri Regina (Universitas Negeri Makassar)
Khairunnisa Az-Zahra Syamsuddin (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Ahsan As’ad (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2023

Abstract

Bullying merupakan salah satu masalah serius yang sering terjadi di kalangan siswa tingkat rendah di sekolah. Tindakan bullying dapat berdampak negatif pada kesejahteraan dan perkembangan sosial-emosional siswa, serta mengganggu proses pembelajaran di sekolah. Untuk itu, upaya pencegahan bullying perlu dilakukan secara efektif untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan suportif bagi siswa. SD IT Dalam upaya tersebut, bimbingan klasikal dijadikan sebagai salah satu strategi pencegahan bullying yang dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial dan meningkatkan kesadaran tentang tindakan bullying. Metode yang digunakan yaitu bimbingan klasikal dengan media power point presentation. Hasil dari kegiatan bimbingan klasikal ini menunjukkan adanya penurunan perilaku bullying pada murid tingkat rendah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Joong-Ki

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

Ruang lingkup Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat yakni dari berbagai hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya ekonomi, pendidikan, teknik, pertanian, sosial dan kesehatan dan bidang lainnya ...