Metode Tutor Sebaya yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan cara memberdayakan kemampuan siswa yang memiliki daya serap yang tinggi, siswa tersebut mengajarkan materi/latihan kepada teman-temanya yang belum paham. Pemahaman matematis merupakan kemampuan seseorang dalam menyerap dan menyampaikan kembali ide-ide matematika. Pemahaman matematis dapat dipengaruhi oleh cara yang dimiliki seseorang dalam menerima, menyerap, dan menyampaikan kembali informasi yang diterimanya. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Tutor Sebaya terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 15 Bulukumba. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan pretest dan pasttest. Sampel pada penelitian adalah siswa Kelas VIII SMPN 15 Bulukumba sebanyak 34 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah RPP dan lembar tes yang berupa soal tes uraian yang disusun berdasarkan indicator Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Hasil Penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan yang signifikan kemampuan pemahaman matematis siswa yang diberikan perlakuan menggunakan Metode Tutor Sebaya dari pada siswa yang tidak diberi perlakuan.Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang belajar matematika menggunakan metode Tutor Sebaya dengan siswa yang belajar dengan menggunakan metode konvensional.
Copyrights © 2022