IJMA
Vol 5, No 1 (2024)

ANALISIS PERKEMBANGAN PRODUK CONSUMER PADA BANK SYARIAH INDONESIA KC KEDIRI HAYAM WURUK

Septiana, Elysa (IAIN Ponorogo)
Faizin, Moh. (IAIN Ponorogo)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Bank Syariah Indonesia atau BSI merupakan gabungan dari tiga bank syariah yaitu Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BRI Syariah. Setelah merger, BSI berkembang pesat. Seiring dengan perkembangan tersebut, berbagai jenis produk BSI juga semakin berkembang, bahkan terdapat produk baru. Sebab, menyesuaikan pola pikir masyarakat dan kebutuhan masyarakat saat ini. Sehingga BSI menjadi solusi dalam pembangunan perekonomian di Indonesia. Pengembangan produk konsumen inilah yang harus diterapkan pada BSI KC Kediri Hayam Wuruk. Karena produk konsumen menjadi motor penggerak BSI KC Kediri Hayam Wuruk portofolionya sebesar 70% dari total produk BSI dan juga sebagai produk primadona BSI. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor, upaya, dan efektivitas pengembangan produk konsumen BSI KC Kediri Hayam Wuruk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dimana penelitian ini menggunakan paparan data deskriptif bukan data numerik untuk menyajikan temuannya. Hasil dari penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan produk konsumen di BSI KC Kediri Hayam Wuruk adalah faktor eksternal dan faktor internal. Sedangkan perkembangan pada produk konsumsi mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu, pada produk pensiunan ditambah kerjasama dengan pensiunan asabri. Efektivitas BSI KC Kediri Hayam Wuruk dalam mengembangkan produk sangat efektif, terlihat dari respon pasar ketika kantor cabang melakukan promosi.Kata Kunci : Pengembangan, Produk

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IJMA

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering

Description

IJMA (Indonesian Journal of Management and Accounting) is a peer-reviewed journal published by the Faculty of Economics and Business, Alma Ata University. IJMA aims to publish articles in the field of accounting and management that make a significant contribution to the development of accounting ...