Jurnal Riset Perbankan Syariah
Volume 1, No. 2, Desember 2022, Jurnal Riset Perbankan Syariah (JRPS)

Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan Perbankan Syariah terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank X Sukabumi

Kamilah Shalihah (Fakultas Syariah, Universitas Islam Bandung)
Deden Gandana Madjakusumah (Fakultas Syariah, Universitas Islam Bandung)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2022

Abstract

Abstract. Religiousity is the levelof one's belief and adherence to the religion being believed in. Consumer knowledge is all information that consumers have about kinds of products and services, also other knowledge about products, services, and information as consumers. This study aims to determine the influence of religiosity and knowledge on the interests of Bank x customer in Sukabumi partially and simultaneously. The research method used is quantitative. The sample was 94 respondents. The sampling technique is simple Random Sampling. The types of data are primary and secondary data. Data collection techniques use questionnaires and observations. The data analysis techniques are descriptive analysis, validity test, reability test, classical assumption test, hypothesis test, multiple regression analysis test, simultaneous test and test partial. The results is processed by SPSS program showed that the interest of Bank x customers in Sukabumi was influenced by religiosity and knowledge.The results of the F test (simultaneously) show the religiosity and knowledge simultaneously have a significant and positive effect on customer interest. The results of the T test (partial) showed that the knowledge value of X1 hadn’t significant effect on customer interest Y and the knowledge variable X2 showed that it had significant effect on customer interest Y. Abstrak. Religiusitas merupakan tingkat keyakinan dan ketaatan seseorang terhadap agama yang sedang diyakini. Pengetahuan konsumen adalah semua informasi yang dimilki konsumen mengenai berbagai macam produk dan jasa, serta pengetahuan lainya yang terkait dengan produk dan jasa tersebut dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan pengetahuan terhadap minat nasabah bank x Sukabumi secara parsial dan simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 94 responden. Teknik yang digukan dalam pengambilan sampel yaitu simple Random Sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunkan kuesioner dan observasi. Teknik analisis data yang digunkan dalam penelitian ini adalah analisis deeskriptif, uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji analisis regresi berganda, uji simultan danuji parsial.Hasil penelitian yang diolah dengan menggunakan program SPSS menunjukan bahwa minat nasabah bank x sukabumi yang dipengaruhi oleh religiusitas dan pengetahuan.. Hasil uji F (simultan) menujukan nilai religiusitas dan pengetahuan secara simultan berpengaruh siginifikan dan positif terhadap minat nasabah. Hasil uji T (parsial) menunjukan bahwa nilai pengetahuan X1 tidak berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah Y dan variable pengetahuan X2 menunjukan bahwa berpengaruh siginifikan terhadap minat nasabah Y.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JRPS

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Riset Perbankan Syariah (JRPS) adalah jurnal peer review dan dilakukan dengan double blind review (direview secara tertutup) yang mempublikasikan kajian teoritik dan hasil riset terhadap isu empirik dalam sub kajian Perbankan Syariah. JRPS ini dipublikasikan pertamanya 2022 dengan eISSN ...