Digital Business Journal (DIGIBIS)
Vol 2, No 1 (2023): Digital Business Journal

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT BERINFAQ ONLINE DI JABODETABEK

Dafa Aprilia Maharani (State University of Jakarta)
Andi Muhammad Sadat (State University of Jakarta)
Terrylina Arvinta Monoarfa (State University of Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang memengaruhi masyarakat Jabodetabek berniat melakukan infaq secara online. Adapun tujuh variabel yang digunakan pada penelitian ini yaitu, kepercayaan, keamanan, transparansi, pengaruh sosial, citra merek, dan religiositas. Penelitian ini dilakukan di Jabodetabek dengan menggunakan metode kuantitatif dengan skala likert sebagai pengukuran dengan populasi yang digunakan adalah masyarakat Jabodetabek dengan rentang usia 17-36 keatas. Dalam penelitian ini, Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling sebanyak 350 responden. Teknik analisis penelitian dengan SEM (Structural Equation Model). Hasil pada penelitian ini yaitu transparansi secara signifikan berpengaruh langsung terhadap kepercayaan, keamanan secara signifikan berpengaruh secara langsung terhadap kepercayaan, citra merek secara signifikan berpengaruh langsung terhadap kepercayaan, religositas secara signifikan berpengaruh secara langsung terhadap niat berinfaq online, transparansi secara signifikan berpengaruh langsung terhadap niat berinfaq online, keamanan secara signifikan berpengaruh langsung terhadap niat berinfaq online, citra merek secara signifikan berpengaruh langsung terhadap niat infaq online, pengaruh sosial secara signifikan berpengaruh positif terhadap niat berinfaq online, religiositas secara signifikan berpengaruh langsung terhadap niat infaq online, transparansi secara signfikan berpengaruh secara tidak langsung terhadap niat berinfaq online melalui kepercayaan, keamanan secara signifikan berpengaruh secara tidak langsung terhadap niat berinfaq online melalui kepercayaan. Kata Kunci: Kepercayaan, Keamanan, Transparansi, Citra Merek, Pengaruh Sosial, Religiositas, Niat Berinfaq Online

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

digibis

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Other

Description

Digital Business Journal (DIGIBIS) at University Of Muhammadiyah Tangerang is published by the Faculty of Economics and Business at University Of Muhammadiyah Tangerang. Digital Business Journal (DIGIBIS) first appeared in June 2022. Digital Business Journal (DIGIBIS) is a national scientific ...