Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 7, No 1 (2021): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)

Pemetaan kompetensi pedagogik dalam keterkaitan dimensi pengetahuan pedagogik dan profil karakteristik awal

Ratnawati Susanto (Universitas Esa Unggul)



Article Info

Publish Date
30 May 2021

Abstract

Keberhasilan pembelajaran dipengaruhi oleh kemampuan serta keterampilan guru dalam mengelola proses pembelajaran dengan terus meningkatkan kompetensi pndagogik yang optimal. Tujuan penelitian ini menganalisis pemetaan kompetensi pedagogik dalam keterkaitkan dimensi pengetahuan pedagogik dan profil karakteristik awal guru. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 265 guru yang tersebar di wilayah II Kotamadya Jakarta Barat Suku Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.. Metode penelitian  kuantitatif dengan survey. Pengumpulan data dilakukan secara online dengan menggunakan platfrom google form. Instrumen yang digunakan berupa formulir kuesioner untuk mengukur kompetensi pedagogik, pengetahuan pedagogik serta profil karakteristik guru yang telah teruji kevalidan dan reliabilitasnya sehingga layak digunakan. Analisis data menggunakan deskriptif analisis, regresi sederhana, serta analisis jaringan. Hasil penelitian menujukkan bahwa kompetensi pedagogik, pengetahuan pedagogik dan profil karakteristik awal guru berada pada kategori sangat baik, selanjutnya pengetahuan pedagogik berkontribusi sebesar 62,1 % terhadap kompetensi pndagogik, serta profil karakteristik awal berkontribusi sebesar 49,7% terhadap kompetensi pedagogik guru, dari analisis jaringan bahwa pengetahuan pedagogik dan profil karakteristik awal memiliki hubungan yang kuat untuk membangun kompetensi pedagogik. Untuk selanjutnya diperlukan pengembangan dan pelatihan dalam mengoptimalkan kompetensi pedagogik guru dalam rangkan mengembangkan mutu pendidikan Indonesia.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Other

Description

Authors who intend to submit a manuscript for publication in JPPI obliged to understand correctly the instructions and the ins and outs of the provisions on this journal. For authors who have never published the article on this journal, we recommend reading all of the term and conditions are listed ...