Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 7, No 4 (2021): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)

Pengaruh brand ambassador dan viral marketing terhadap proses keputusan pembelian pada konsumen marketplace

Prety Diawati (Politeknik Pos Indonesia)
Resia Ratna Putri (Politeknik Pos Indonesia)
Hesti Sugesti (Universitas Bina Sarana Informatika)
Lukmanul Hakim (Universitas Muhammadiyaah Cirebon)
Rafi Farizki (Universitas Muhammadiyaah Cirebon)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia menciptakan peluang bisnis berbasis online dan merubah perilaku konsumen dari berbelanja langsung konvensional menjadi lebih senang berbelanja online melalui marketplace yang lebih efisien dan terjamin keamanannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh strategi promosi marketplace yang menggunakan brand ambassador dan viral marketing terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory survey. Instrumen utama penelitian adalah kuesioner dengan 366 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama penelitian. Pengolahan data menggunakan software Microsoft Excel dan IBM SPSS Versi 26. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif verifikatif, yaitu Analisis regresi linear sederhana dan dan Analsis regresi linier berganda. Hasil penelitian menyimpulkan Pertama, brand ambassador berpengaruh terhadap keputusan pembelian; Kedua, viral marketing berpengaruh terhadap proses keputusan pembelian; Ketiga, brand ambasasador dan viral marketing berpengaruh secara simultan terhadap proses keputusan pembelian. Kesimpulan ketiga menjadi novelty penelitian ini. Secara parsial, pengaruh viral marketing terhadap proses keputusan pembelian lebih besar daripada brand ambassador. Implikasinya, perusahaan-perusahaan khususnya marketplace disarankan mengimplementasikan strategi promosi dengan viral marketing yang bernilai positif bagi masyarakat sebagai bentuk adaptasi atas perubahan perilaku konsumen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Other

Description

Authors who intend to submit a manuscript for publication in JPPI obliged to understand correctly the instructions and the ins and outs of the provisions on this journal. For authors who have never published the article on this journal, we recommend reading all of the term and conditions are listed ...