Penelitian ini menjelaskan tentang studi dakwah wahabi di YouTube yang masihbooming di Indonesia. Aktivitas konten dakwah yang menyinggung wahabi sangat banyakbertebaran di YouTube dan jumlah viewersnya juga sangat banyak. Penelitian inimenjelaskan tentang studi analisis wacana kritis pada akun YouTube terkait isu dakwahwahabi di Indonesia, akun YouTube tersebut adalah Web Ijo. Penelitian ini menggunakanmetode analisis wacana kritis Norman Fairclough dengan mengikuti konten-konten YouTubeyang memunculkan isu-isu dakwah wahabi. Data-data dikumpulkan menggunakanobservasi pada seluruh konten YouTube yang memunculkan isu-isu dakwah wahabi yangakan dikaji dari sudut teks, konteks, dan sosial-budaya (sociocultural). Penelitian inimenemukan bahwa keempat akun YouTube tersebut menyampaikan isu yang terkaitdakwah wahabi yang ternyata belum diketahui sumbernya. Adapun implikasi dari penelitianini, konten dakwah digital dapat sangat mudah diinterpretasikan oleh netizen sehinggadapat menjadi hoax di kalangan masyarakat Indonesia.
Copyrights © 2022