Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi ekosistem melalui penerapan model problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Pontianak pada bulan Maret – April 2023. Subjek penelitian berasal dari siswa kelas X IPA 6 dengan jumlah 34 siswa yang terdiri dari 17 laki-laki dan 17 perempuan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket motivasi belajar siswa. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Proses pembelajaran pada siklus 1 dapat terlaksana dengan persentase 86% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 100% dengan kriteria sangat baik. Nilai persentase motivasi belajar siswa pada siklus 1 sebesar 71,75% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 80,04% dengan kriteria tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan motivasi siswa pada materi ekosistem.
Copyrights © 2023