TACET Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni
Vol 2, No 2 (2023): Oktober 2023

Peningkatan Hasil Belajar Menggambar Ragam Hias Melalui Teknik Pointilis Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Pontianak

Miyanti, Miyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2023

Abstract

Ragam hias merupakan salah satu materi pembelajaran seni budaya siswa kelas IX di SMPN 3 Kota Pontianak.  Dalam pelaksanaan pembelajaran didapati siswa yang kesulitan untuk mengembangkan kreativitasnya karena keterbatasan pengetahuan teknik yang mereka miliki. Hal tersebut memerlukan penanganan untuk mengatasinya, salah satunya adalah dengan menerapkan teknik pointilis dalam menggambar. Teknik lukis pointilis memanfaatkan kemampuan mata dan pikiran manusia untuk menggabungkan semua titik menjadi suatu rangkaian yang utuh. Teknik ini dapat dilihat dengan lebih jelas ketika melihatnya dari kejauhan. Metode penilitian menggunakan penelitian tindakan kelas melalui 2 siklus. Setiap siklus menggunakan tahapan, perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengambilan data melalui pengamatan langsung saat proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar menggambar ragam hias dengan teknik pointilis. Pada siklus I hasil ketuntasan kelas mencapai 60 % dengan rerata nilai sebesar 75,3, sedang pada siklus II hasil ketuntasan kelas mencapai 100 % dengan rerata nilai 84,5%. Dari analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggambar dengan menggunakan teknik pointilis dapat meningkatkan hasil belajar pada materi menggambar ragam hias, dengan berbagai kreativitas siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

TACET

Publisher

Subject

Arts

Description

TACET Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni menerima artikel ilmiah asli di semua cabang Pendidikan seni dan aplikasinya dari hasil penelitian/non penelitian pendidikan dan kajian seni, dengan topik meliputi: Studi konseptual, Studi teoritis dan eksperimental, Penggunaan metode komputasi, Proses ...