Komsospol
Vol 3 No 1 (2023): Volume 3 Nomor 1 Tahun 2023

MANAJEMEN REPUTASI DIGITAL DAN PERFORMA KOMUNIKASI BAITUL MUSLIMIN INDONESIA (BAMUSI) PDI PERJUANGAN: MANAJEMEN REPUTASI DIGITAL DAN PERFORMA KOMUNIKASI BAITUL MUSLIMIN INDONESIA

Marini Marini (a:1:{s:5:"en_US"
s:33:"Universitas Muhammadiyah Kotabumi"
})

Desi Lestari (Universitas Islam Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) sebagai organisasi keagamaan sayap partai PDI Perjuangan menampilkan berbagai performance di platform media digital. Seni berpolitik yang dilakukan PDI Perjuangan melalui Bamusi mengambil peran di ruang digital, dan memperkuat keberadaan PDI Perjuangan. Menuju pemilu 2024 partai politik perlu intens dalam melakukan perfoma di media digital. Penelitian ini menggunakan teori manajemen reputasi digital, yaitu teori management reputasi dari Charles J. Formbun. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus dan kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan Bamusi menyadari pentingnya promosi melalui media sosial tetapi cenderung fokus pada target posting. Dalam hal perencanaan, ditemukan beberapa kendala dalam pengelolaan media sosial dan masih kurangnya evaluasi terhadap kegiatan tersebut. Bamusi menggunakan Instagram dan YouTube untuk mempromosikan koleksi, layanan dan kegiatannya. Bamusi TV untuk mengelola konten, dimulai dari mendiskusikan konten yang mau ditampilkan sesuai dengan momentum-momentum dan kemudian mencari strategi untuk menciptakan konten yang berbeda.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

komsospol

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

KOMSOSPOL journal publishes original research and/or library analysis on Communication Studies which focuses on the study of: Media, Journalism, Public Relations, Broadcasting, Corporate Social Responsibility (CSR), Content analysis and framing, libraries and information, Marketing Communication, ...