Penelitian ini terfokus pada faktor-faktor dalam kualitas pelayanan yang mempengaruhi
loyalitas nasabah pada PD. BPR Bank Pasar Kebumen yang meliputi bukti langsung
(tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), serta
empati (empathy). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana faktor-
faktor tersebut berpengaruh terhadap loyalitas nasabah.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode penelitian
deskriptif yang bersifat eksploratif dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Untuk
analisis kuantitatif dalam penelitian ini meliputi gambaran umum perusahaan. Sedangkan
analisis kualitatif dalam penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat bantu analisis
dengan mengambil sampel sebanyak 75 responden. Analisis datanya mengacu pada rumus
regresi linier ganda (uji t dan uji F), dengan dibantu menggunakan program statistis SPSS for
Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan,  variabel
bukti langsung (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan
(assurance), serta empati (empathy) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas
nasabah.
Kata  kunci: bukti langsung (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness),
jaminan (assurance), empati (empathy), dan  loyalitas nasabah
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2008