Economics and Digital Business Review
Vol. 4 No. 2 (2023): February - July

Pengaruh Content Marketing Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Customer Engagement Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Vidiodotcom)

Dimas Fauzi Putra (Prodi S1 Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom)
Pramitha Aulia (Prodi S1 Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2023

Abstract

Vidiodotcom adalah aplikasi video-on-demand yang menduduki posisi paling pertama dalam platform hiburan berbayar terpopuler. Tiktok adalah channel digital marketing Vidiodotcom dengan traffic terbesar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh Content Marketing terhadap Keputusan pembelian dengan Customer Engagement sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel dari penelitian ini berjumlah sampai dengan 100 responden dengan kriteria pernah membeli Vidiodotcom atau melihat akun Tiktok Vidiodotcom. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Berdasarkan pengujian Hipotesis, Content Marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui Customer Engagement. Hasil uji Sobel menunjukkan Customer Engagement dapat memediasi antara Content Marketing dengan Keputusan Pembelian Vidiodotcom. Berdasarkan R Square Content marketing(X) berpengaruh 67.9% terhadap Keputusan Pembelian(Y) melalui Customer Engagement(Z), sisanya sebesar 32.1% merupakan pengaruh variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini. Vidiodotcom berhasil memanfaatkan Tiktok sebagai wadah untuk melakukan kegiatan pemasaran yang dibalut dengan strategi pesan melalui content marketing untuk menciptakan respon untuk membeli di benak konsumen melalui customer engagement. Kata kunci: Content Marketing, Customer Engagement, Keputusan Pembelian, Tiktok Vidiodotcom

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ecotal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Economics and Digital Business Review, is published by STIE Amkop Makassar in 2020, with registered number ISSN : 2774-2563 (Online), is a peer-reviewed journal published Economics and Digital Business Review published two times a year (January & July) by STIE Amkop Makassar, It provides an academic ...