Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi usaha-usaha yang dilakukan oleh para guru dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab pada siswa kelas V di SDS Muhammadiyah Jongaya. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah metode kualitatif. Responden penelitian ini meliputi kepala sekolah, wali kelas V, dan 9 siswa kelas V. Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan melalui tahap reduksi data, display data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa upaya para guru dalam menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab termanifestasi melalui contoh perilaku yang positif, memperlihatkan kedisiplinan dan tanggung jawab yang diharapkan siswa. Selain itu, ketika terjadi pelanggaran disiplin atau ketidakbertanggungjawaban dalam tugas, sanksi diberlakukan secara nonfisik dengan tujuan memberikan efek jera kepada siswa. Terdapat faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhi proses pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab pada siswa. Faktor pendukung mencakup peran aktif kepala sekolah, peran aktif para guru, partisipasi orang tua siswa, dan kesadaran siswa sendiri. Sementara itu, faktor penghambat mencakup faktor keluarga dan lingkungan
Copyrights © 2023