KRD Bojonegoro merupakan kereta api ekonomi lokal yang menjadi salah satu transportasi pilihan masyarakat Jawa Timur, terutama daerah yang menjadi lintasan kereta api tersebut yang mana dikelola oleh PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 8 (DAOP 8). Dilihat dari kondisi kereta api yang akhir-akhir ini mengalami overload dikarenakan masih menerima penumpang meskipun jumlah kursi sudah terpenuhi, maka perlu diadakan sebuah penilaian kepada penumpang guna mengetahui seberapa puas atas kinerja dan fasilitas yang didapatkan melalui pemberian kuisioner atas pelayanan dan fasilitas dengan mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 63 Tahun 2019 Tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang Dengan Kereta Api. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Dengan melakukan pengumpulan data melalui kuisioner terhadap 100 responden, dari hasil pengolahan data yang sudah dilakukan, berdasarkan hasil dari metode Customer Satisfaction Index (CSI) diperoleh nilai 81,53% (sangat puas) dan rata-rata nilai tingkat kesesuaian 89,76% (sangat sesuai) untuk metode Importance Performance Analysis (IPA). Didapatkan juga dari hasil analisis diagram kartesius berupa Fasilitas dan Informasi Keselamatan maupun Kesehatan yang masih diperlukan adanya perbaikan yang diharapkan dapat digunakan sebagai acuan guna meningkatkan kualitas pelayanan pada kereta api KRD Bojonegoro.
Copyrights © 2023