Sejak pandemi virus Covid-19, masyarakat terbiasa jauh lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi dimana masyarakat mulai terbiasa lebih memilih melakukan transaksi yang meminimalisir terjadinya kontak fisik. Salah satu cara yang dipilih adalah melakukan transaksi perbankan menggunakan teknologi mobile banking. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi pengguna pada aplikasi mobile banking. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model DeLone & McLean serta tambahan variabel trust, social influence, intimacy, loyalty, dan continuance intention. Berdasarkan model dan variabel yang digunakan, penelitian ini dilakukan untuk mencari faktor yang memengaruhi penggunaan, kepuasan, keintiman, loyalitas, niat berkelanjutan, dan dampak individual pengguna mobile banking dalam menggunakan mobile banking. Data dikumpulkan dengan syarat responden pernah menggunakan mobile banking. Data yang terkumpul sebanyak 204 responden. Data dianalisis dengan metode Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menggunakan aplikasi SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang memengaruhi pengguna dalam menggunakan mobile banking adalah kualitas sistem, kualitas layanan, kepercayaan, pengaruh sosial, penggunaan, kepuasan, dan keintiman.
Copyrights © 2023