Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana
Vol. 24 No. 1 (2024): JANUARY 2024

Strategi Branding Peningkatan Skala Usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Darussalam, Desa Burai, Tanjung Batu, Ogan Ilir, Sumatra Selatan

Aji Windu Viatra (Universitas Indo Global Mandiri)
M. Edo Pratama Putra (Universitas Indo Global Mandiri)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2024

Abstract

Pandemi yang sangat membebani sistem kesehatan, mendisrupsi ekonomi dan menimbulkan kekhawatiran yang meluas serta ketidakpastian situasi membuat kelesuan dalam bidang ekonomi keluarga. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi BUMDes Darussalam Desa Burai dalam membangun strategi branding. Strategi branding yang dilakukan dipengaruhi oleh faktor internal yakni pemahaman dan kemampuan akan membangun branding yang kuat dan faktor eksternal yakni kemampuan dalam membangun jaringan usaha dengan pihak-pihak yang terkait. Strategi yang digunakan BUMDes Darussalam dalam membangun branding ini menggunakan beberapa teori melalui metode deskriptif. Perencanaan membangun branding BUMDes Darussalam dilakukan dengan melakukan survei data, wawancara, kuesioner, diskusi, brainstorming gagasan branding, perancangan identity branding. Solusi yang dilaksanakan berupa kegiatan analisis ekuitas brand dalam menghasilkan rumusan strategi yang tepat, baik dan benar untuk BUMDes Darussalam, dan perancangan identity branding berupa corporate identity. Kajian ini menjadi salah satu aspek tolok ukur bagi BUMDes Darussalam dalam melakukan strategi pengembangan brand peningkatan skala usaha. Program pengembangan strategi branding BUMDes Darussalam diharapkan menghasilkan produk unggulan daerah dalam menghadapi persaingan pasar yang dinamis di era saat ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dkv

Publisher

Subject

Arts

Description

Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana is published biannually, in January and July, by Petra Christian University. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana aims to promote a comprehensive approach to visual communication design incorporating viewpoints of different disciplines, strengthen academic ...