Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat, serta tingkat pendidikan masyarakat yangsemakin tinggi, merupakan tantangan bagi rumah sakit dalam memberikan pelayanan keperawatan yang berkualitas. Penerapan nilai esensial keperawatan profesional harus berorientasi pada kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan nilai esensial keperawatan professional dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian kuantitatif; deskriptif corelatif dengan desain cross sectional study, jumlah populasi 9.020 orang, pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel 99 orang. Alat pengumpulan data berupa kuesioner yang terdiri dari 22 pernyataan tentang nilai esensial keperawatan professional dan 44 item pernyataan kepuasan yang menggunakan The SERVQUAL test dalam bentuk skala likert. Data dianalisa secara univariat dan bivariat meggunakan Chi-square. Hasil penelitian menujukkan bahwa ada hubungan antara nilai esensial keperawatan professional dengan kepuasan pasien (P-value 0,000) yang meliputi perhatian (altruisme) (P-value 0,002), persamaan (equality) (P-value 0,001), kebebasan (freedom) (P-value 0,000), keindahan (aesthetics) (P-value 0,019), martabat manusia (human dignity) (P- value 0,022), keadilan (Justice) (P-value 0,015) dan kebenaran (truth) (P-value 0,003) di ruang rawat inap kelas III Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Agar pasien semakin puas dalam menerima pelayanan keperawatan, disarankan agar dapat meningkatkan penerapan nilai esensial keperawatan professional menjadi lebih baik, khususnya; nilai keindahan (aesthetics), martabat manusia (human dignity), keadilan (Justice).
Copyrights © 2016