Puskesmas sebagai pelayanan kesehatan masyarakat perlu memiliki karakter mutu pelayanan prima yang sesuai denganharapan masyarakat. Pelayanan kesehatan sebagai pelayanan publik harus mempunyai nilai-nilai kepuasan yang terukur untuk selanjutnya dapat sebagai acuan meningkatkankualitas pelayanan.Tujuanpenelitianiniuntuk mengetahui indeks kepuasanmasyarakatpenggunaPuskesmas Kopelma Darussalam Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif deskriptif dengan desain cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang berkunjung ke Puskesmas Kopelma Darussalam Kecamatan Syiah Kualadengan pengambilan sampel secaraaccidental sampling berjumlah 150 orang. Pengumpulan data mengunakan kuesioner baku MenPan Nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004 dalam bentuk multyple choice, data di lakukan secaradeskriptif. Berdasarkan hasil penelitian Indek Kepuasan Masyarakat didapatkan nilai indek sebesar 2.61 dan nilai IKM 65.3 yang berarti mutu pelayanan pada kategori B, sehingga kinerja pelayanannya dapat dikatakan baik.Diharapkan bagi puskesmas untuk menjaga dan mendapatkan kepercayaan serta kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas Kopelma Darussalam seharusnya memperhatikan aspek-aspek yang menjadi penilaian masyarakat seperti halnya yang terdapat dalam penilaian responden di penelitian ini.
Copyrights © 2016