Pelaksanaan sekolah siaga bencana. Keberhasilan Pengurangan Risiko Bencana dipengaruhi faktor internal dan eksternal sekolah. Tujuan penelitian ini adalah melihat faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan edukasi Pengurangan Risiko Bencana meliputi kebijakan pendidikan, kesadaran akses material, kapasitas guru, motivasi dan kreatifitas guru. Penelitian adalah analitik korelatif dengan desain cross sectional study. Teknik pengambilan sampel menggunakan totalĀ sampling dengan jumlah populasi yang dijadikan sampel sebanyak 104 guru. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari 42 pertanyaan dalam skala Likert dan dichotomy choice. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara kebijakan pendidikan dengan pelaksanaan edukasi PRB, terdapat hubungan antara kesadaran dan akses material dengan pelaksanaan edukasi PRB, terdapat hubungan antara kapasitas guru dengan pelaksanaan edukasi PRB, terdapat hubungan antara motivasi dan kreatifitas guru dengan pelaksanaan edukasi PRB. Kesimpulan penelitian bahwa faktor kebijakan pendidikan, kesadaran dan akses material, kapasitas guru, motivasi dan kreativitas guru mempengaruhi pelaksanaan edukasi Pengurangan Risiko Bencana. Rekomendasi bagi komponen sekolah untuk meningkatkan kesadaran, kapasitas, motivasi dan kreativitas guru untuk edukasi pengurangan risiko bencana.
Copyrights © 2017