Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan
Vol 2, No 3

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAKSANAAN EDUKASI PENGURANGAN RISIKO BENCANA

Qurrata Aini (Mahasiswi Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Cut Husna (Bidang Keilmuan Keperawatan Medikal Bedah Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2017

Abstract

Pelaksanaan sekolah siaga bencana. Keberhasilan Pengurangan Risiko Bencana dipengaruhi faktor internal dan eksternal sekolah. Tujuan penelitian ini adalah melihat faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan edukasi Pengurangan Risiko Bencana meliputi kebijakan pendidikan, kesadaran akses material, kapasitas guru, motivasi dan kreatifitas guru. Penelitian adalah analitik korelatif dengan desain cross sectional study. Teknik pengambilan sampel menggunakan totalĀ  sampling dengan jumlah populasi yang dijadikan sampel sebanyak 104 guru. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari 42 pertanyaan dalam skala Likert dan dichotomy choice. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara kebijakan pendidikan dengan pelaksanaan edukasi PRB, terdapat hubungan antara kesadaran dan akses material dengan pelaksanaan edukasi PRB, terdapat hubungan antara kapasitas guru dengan pelaksanaan edukasi PRB, terdapat hubungan antara motivasi dan kreatifitas guru dengan pelaksanaan edukasi PRB. Kesimpulan penelitian bahwa faktor kebijakan pendidikan, kesadaran dan akses material, kapasitas guru, motivasi dan kreativitas guru mempengaruhi pelaksanaan edukasi Pengurangan Risiko Bencana. Rekomendasi bagi komponen sekolah untuk meningkatkan kesadaran, kapasitas, motivasi dan kreativitas guru untuk edukasi pengurangan risiko bencana.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

FKep

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa of the Faculty of Nursing is a Student Scientific Journal which aims to communicate the results of research on student final assignments. The target readers are students, nurses, lecturers and nursing ...