Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan
Vol 4, No 2 (2019)

HUBUNGAN KARAKTERISTIK MAHASISWA DENGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN DI RSPN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH

Sakinah Wardhatul Aini (Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Hajjul Kamil (Bagian Keilmuan Manajemen Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2019

Abstract

Keberhasilan suatupelayanankesehatandapatdilihat dari kepuasanpasien. Untuk memahami kepuasan pasien dilakukan identifikasi dengan melihat karakteristik dari masing-masing pasien. Pemberi pelayanan harus memahami karakteristik pasien agar pelayanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara karakteristik mahasiswa dengan tingkat kepuasan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Prince Nayef Bin Abdul Aziz Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Jenis penelitian kuantitatif; descriptive correlation dengan desain cross sectional study. Populasi penelitian seluruh mahasiswa Universitas Syiah Kuala yang menggunakan pelayanan kesehatan poliklinik berjumlah 3.152 orang. Besar sampel ditentukan dengan rumus slovin berjumlah 97 orang dengan teknik accidental sampling. Alat pengumpulan data berupa kuesioner baku kepuasan konsumen The Service Quality (SERVQUAL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks kepuasan mahasiswa 41,71% yang berarti 58,29% mahasiswa belum puas dengan pelayanan kesehatan poliklinik mahasiswa, ada hubungan bidang ilmu (p-value = 0,007), tidak ada hubungan jenis kelamin (p-value = 1,00), usia (p-value = 1,00), jalur masuk (p-value = 0,935), asal daerah (p-value = 0,061), dan suku (p-value = 0,061) mahasiswa dengan tingkat kepuasan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Prince Nayef Bin Abdul Aziz Universitas Syiah Kuala Banda Aceh . Kesimpulan dari penelitian ini adalah mahasiswa dengan bidang ilmu eksakta lebih tidak puas daripada mahasiswa bidang ilmu humaniora.  Direkomendasikan kepada tenaga kesehatan dan rumah sakit untuk meningkatkan indeks kepuasan pelayanan kesehatan dengan memperhatikan dimensi dengan prioritas tertinggi yaitu reliability, responsiveness, tangibles, empathy dan assurance serta memahami karakteristik dari mahasiswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

FKep

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa of the Faculty of Nursing is a Student Scientific Journal which aims to communicate the results of research on student final assignments. The target readers are students, nurses, lecturers and nursing ...