Keberhasilan suatupelayanankesehatandapatdilihat dari kepuasanpasien. Untuk memahami kepuasan pasien dilakukan identifikasi dengan melihat karakteristik dari masing-masing pasien. Pemberi pelayanan harus memahami karakteristik pasien agar pelayanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara karakteristik mahasiswa dengan tingkat kepuasan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Prince Nayef Bin Abdul Aziz Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Jenis penelitian kuantitatif; descriptive correlation dengan desain cross sectional study. Populasi penelitian seluruh mahasiswa Universitas Syiah Kuala yang menggunakan pelayanan kesehatan poliklinik berjumlah 3.152 orang. Besar sampel ditentukan dengan rumus slovin berjumlah 97 orang dengan teknik accidental sampling. Alat pengumpulan data berupa kuesioner baku kepuasan konsumen The Service Quality (SERVQUAL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks kepuasan mahasiswa 41,71% yang berarti 58,29% mahasiswa belum puas dengan pelayanan kesehatan poliklinik mahasiswa, ada hubungan bidang ilmu (p-value = 0,007), tidak ada hubungan jenis kelamin (p-value = 1,00), usia (p-value = 1,00), jalur masuk (p-value = 0,935), asal daerah (p-value = 0,061), dan suku (p-value = 0,061) mahasiswa dengan tingkat kepuasan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Prince Nayef Bin Abdul Aziz Universitas Syiah Kuala Banda Aceh . Kesimpulan dari penelitian ini adalah mahasiswa dengan bidang ilmu eksakta lebih tidak puas daripada mahasiswa bidang ilmu humaniora. Direkomendasikan kepada tenaga kesehatan dan rumah sakit untuk meningkatkan indeks kepuasan pelayanan kesehatan dengan memperhatikan dimensi dengan prioritas tertinggi yaitu reliability, responsiveness, tangibles, empathy dan assurance serta memahami karakteristik dari mahasiswa.
Copyrights © 2019