Banyaknya perawat yang tidak melakukan pendokumentasian dengan benar menjadi salah satu permasalahan asuhan keperawatan di Indonesia. Mahasiswa Pendidikan Profesi Ners merupakan calon perawat yang sangat membutuhkan pengetahuan dan kompetensi yang memadai tentang proses keperawatan dan pendokumentasian proses keperawatan menurut Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit dalam pelaksanaan pendidikannya di instansi pelayanan Kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan tentang pendokumentasian proses keperawatan menurut Standar Nasional Akreditasi Rumah pada mahasiswa Pendidikan Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional study. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling technique dengan jumlah 79 responden. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisa data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan mahasiswa Pendidikan Profesi Ners 93,7% kategori kurang, hasil untuk masing-masing sub-variabel tentang pengkajian keperawatan 70,9% kategori kurang, diagnosa keperawatan 65,8% kategori kurang, perencanaan keperawatan 59,5% kategori baik, implementasi keperawatan 68,4% kategori kurang dan evaluasi keperawatan 88,6% kategori kurang.
Copyrights © 2021