Interpretasi Elektrokardiogram (EKG) merupakan salah satu kompetensi yang harus dicapai oleh mahasiswa keperawatan. Inovasi pembelajaran perlu untuk meningkatkan kompetensi salah satunya yaitu pembelajaran berbasis video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan pembelajaran berbasis video dalam meningkatkan kompetensi (pengetahuan, keterampilan, sikap) interpretasi Elektrokardiogram pada mahasiswa keperawatan. Jenis penelitian ini adalah quasy experimental study with one group pretest posttest design. Populasi penelitian mahasiswa keperawatan angkatan 2020 yaitu 147 orang dengan jumlah sampel 33 mahasiswa. Metode analisa data yaitu analisa univariat dan analisa bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara pre-test dan post-test kompetensi (pengetahuan, keterampilan, sikap) EKG dengan p-value 0,0000,05. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran berbasis video memiliki kompetensi yang baik. Mahasiswa mendapatkan materi dengan ceramah dan pemberian 3 video pembelajaran yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Pembelajaran berbasis video sangat penting diterapkan oleh mahasiswa keperawatan dalam interpretasi EKG karena video dapat memberikan informasi secara detail, cepat dan mudah diingat dalam jangka waktu lebih lama.
Copyrights © 2023