Problem Based Learning (PBL) adalah suatu tipe pengelolaan kelas yang di lakukan untuk mendukung pendekatan dalam pengajaran dan mengakomodasi keterlibatan mahasiswa dalam belajar dan pemecahan masalah yang kontektual. The seven jumps merupakan metode yang umum dipakai dalam PBL dengan pendekatan tujuh langkah yang sistematis dalam menemukan penyelesaian dari suatu masalah pemicu. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan kemudahan metode pembelajaran PBL; seven jumps dengan keberhasilan belajar mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.Jenis penelitian kuantitatif; deskriptif korelasi dengan desain cross-sectional study.Sampel penelitian adalah mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Stratified Random Sampling dengan jumlah 96 orangPengumpulan data dilakukan pada tanggal 29 Juli sampai dengan 4 Agustus 2016 dengan cara pengisian kuisoner.Analisa data dengan menggunakan uji statistik chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa p-value 0,023 α 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, artinya ada hubungan kemudahan metode pembelajaran PBL; Seven Jumps dengan keberhasilan belajar mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.Berdasarkan hasil tersebut, agar institusi pendidikan untuk terus meningkatkan dan mengembangkan berbagai metode pembelajaran PBL dalam upaya pencapaian hasil belajar mahasiswa yang lebih baik dan objektif.
Copyrights © 2016