Cuci tangan pakai sabun (CTPS) adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun oleh manusia untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai kuman, pendidikan kesehatan tentang cuci tangan melalui cerita bergambar adalah salah satu pendidikan pada anak prasekolah yang mendukung anak-anak dalam perilaku cuci tangan dengan baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan  kesehatan cuci tangan melalui metode cerita bergambar terhadap keterampilan cuci tangan pakai sabun pada anak usia 5-6 tahun di TK alam hijau daun tahun 2018. Metode penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen dengan rancang bangun one group pretest dan posttest. Tekhnik yang digunakan adalah total sampling diperoleh sampel sebanyak 27 anak prasekolah, instrument yang digunakan adalah lembar observasi berupa checklist. Hasil penelitian dianalisa menggunakan uji Wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan pendidikan kesehatan didapatkan 16 responden (59,3%) yang tidak terampil dalam melakukan cuci tangan pakai sabun. Dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan didapatkan 24 responden (88,9%) terampil dalam melakukan cuci tangan pakai sabun hasil analisis hasil analisis uji Wilcoxon signed rank test diperoleh nilai P:,000 dimana P<0,05 maka ho ditolak dan h1 diterima artinya ada pengaruh pendidikan kesehatan cuci tangan melalui metode cerita bergambar cuci tangan pakai sabun terhadap keterampilan cuci tangan pada anak usia 5-6 tahun di TK Alam Hijau Daun kota Kediri Tahun 2018. Sebagai saran, metode cerita bergambar cuci tangan adalah salah satu pengetahuan alternative untuk anak prasekolah tentang perilaku cuci tangan pakai sabun sehingga tujuan penelitian tercapai dengan baik.Â
Copyrights © 2019