Grafika Komputer adalah bagian dari ilmukomputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasigambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafikakomputer adalah grafika komputer 2D yang kemudianberkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra(image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition).Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilahvisualisasi data. Grafik meliputi gambar dan pencitraan lainyang dihasilkan oleh komputer berbentuk garis, lengkungan,kurva dan sebagainya. Komputer dapat menghasilkanpencitraan dalam sejumlah pixel, dan printer dot matrix akanmencetak citra/gambar tersebut dalam sejumlah titik.OpenGL (Open Graphics Library) adalah standar APIyang dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasisgrafik, baik dua dimensi (2D) maupun tiga dimensi (3D).OpenGL ini bersifat cross-platform, artinya dapat dijalankanpada berbagai platform sistem operasi yang ada saat ini.Untuk membuat aplikasi menggunakan OpenGL,terlebih dahulu kita membutuhkan suatu konsepsi interfacingdalam implementasinya pada proteksi objek. Salah satu carayang sudah umum digunakan adalah denganmembuat window-based OpenGL. Untuk dapat membuatkonsep windowing pada OpenGL, kita memerlukan tooltertentu. Yang kita gunakan kali ini adalah GLUT (OpenGLUtility Toolkit). GLUT dipilih karena di dalamnya telahterdapat banyak fungsi yang dapat dipakai untuk pembuatanapplication window. Disamping itu, windowing pada GLUTjuga bersifat independen terhadap sistem operasi, sehinggakita tidak perlu repot-repot untuk mengubah kode programjika diterapkan pada sistem operasi yang berbeda.
Copyrights © 2012