Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap relevansi strategi pembelajaran dosen dengan memanfaatkan sumber pembelajaran di luar kelas berupa pengelolaan kawasan wisata sejarah Monumen Kresek pasca pandemi COVID-19 untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian kualitatif studi kasus. Tempat penelitian di Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Madiun. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Validitas data diperoleh melalui triangulasi sumber. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktit model Miles dan Hubermen. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pengelolaan kawasan wisata sejarah Monumen Kresek melibatkan masyarakat melalui Kelompok Sadar Wisata  “Mekar†atau menerapkan Community Based Tourism (CBT). Sejak pandemi COVID-19, pengelolaan kawasan wisata sejarah Monumen Kresek diambilalih oleh Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olah Raga Kabupaten Madiun, sementara pengelolaan sehari-hari di lapangan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun. Pemerintah Desa Kresek juga terlibat dalam pengelolaan melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Kresek. Warga terlibat berdasarkan penugasaan dari pihak-pihak tersebut seperti sebagai pemandu wisata. Strategi pembelajaran dosen dengan memanfaatkan sumber belajar di luar kelas yakni Pengelolaan Kawasan Wisata Sejarah Monumen Kresek Kabupaten Madiun pasca pandemi relevan dengan situasi dan kondisi mahasiswa pasca pandemi yang merupakan upaya meningkatkan motivasi belajar secara eksternal (ekstrinsik). Motivasi mahasiswa pendidikan sejarah cenderung meningkat dilihat dari respon mahasiswa terhadap pembelajaran yang dilakukan dosen menjadikan mahasiswa tertarik dan terkesan sehingga meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023