Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi manajerial dan gayakepemimpinan demokratis terhadap peningkatan mutu pendidikan pada MIN di kabupaten Sinjai.Pendekatan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Uji asumsi yang dilakukanadalah uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis menggunakan analisis regersi sederhana. Hasilpenelitian, (1) variabel kompetensi manajerial kepala madrasah berpengaruh terhadap peningkatanmutu pendidikan madrasah sebesar 83,4%, dan sisanya sebesar 16,6% disebabkan oleh faktor laindiluar model regresi. (2 Gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah berpengaruh terhadappeningkatan mutu pendidikan madrasah sebesar 63,9%, dan sisanya sebesar 36,1% disebabkan olehfaktor lain diluar model regresi. (3) Komptensi manajerial dan Gaya kepemimpinan demokratiskepala madrasah pada MIN di kabupaten Sinjai terhadap peningkatan mutu pendidikan, memperolehrata-rata 4,18. Hal ini menunjukkan sinerginya kompetensi manajerial dan gaya kepemimpinandemokratis kepala madrasah dan ditunjukkan oleh indikator standar proses yang merupakan kinciutama program pembelajaran. Kedua variabel berpengaruh positif terhadap peningkatan mutupendidikan di madrasah.
Copyrights © 2020