Journal of Islamic Business Law
Vol 3 No 1 (2019): Journal of Islamic Bussiness Law

Kajian Hukum Jasa Endorse Dalam Media Sosial (Instagram): Studi Pada Akun Lambe Turah

Amalina Mashfufah (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2019

Abstract

Tujuan penelitian adalah membahas tentang jasa endorse melalui akun lambe turah dalam media sosial (Instagram) perspektif Fatwa DSN MUI Nomor 24 Tahun 2017 tentang Hukum dan Pedoman Bermuamalah dan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik terdapat aturan sama mengenai pencemaran nama baik dalam media sosial, namun akun Instagram “Lambe Turah yang memiliki pengikut 6,2 juta memanfaatkan dengan membuka jasa endorse. Metode pendekatan menggunakan pendekatan konseptual (conceptual approach) dan pendekatan perundang-undangan (statue approach) dan menggunakan dua sumber data. Data Primer menggunakan Fatwa DSN MUI dan Perundang-Undangan dan data sekunder diperoleh dari buku terkait dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak pengguna media sosial yang belum mengetahui adanya larangan mendukung, menfasilitasi dan memanfaatkan untuk memperoleh keuntungan (jasa endorse), baik ekonomi maupun non-ekonomi dalam akun Instagram “Lambe Turah” yang menyediakan informasi berisi hoax, ghibah, fitnah, namimah, bullying, aib, gosip dan lain-lain.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jibl

Publisher

Subject

Religion Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Journal of Islamic Business Law merupakan sarana komunikasi dan publikasi ilmiah hasil riset mahasiswa di bidang hukum bisnis atau ekonomi syariah dengan berbagai pendekatan meliputi bidang: Islamic Banking Law Islamic Finance Law Islamic Assurance Law Islamic and Halal Tourism Alternative Dispute ...