Generasi Z adalah generasi yang dilahirkan setelah generasi millenial atau sering disebut juga sebagai generasi Y. Banyak peneliti masih memperdebatkan mengenai persisnya tahun kelahiranmereka, namun sebagian besar memperkirakan generasi ini lahir dalam kurun waktu 20-25 tahunterakhir. Generasi Z ini sekarang sudah menginjak dewasa, bahkan sudah mulai banyak yangmewarnai dunia kerja terutama dalam bidang bisnis. Para pakar meyakini mereka akan menjadipemutar roda perekonomian dunia dalam waktu dekat ini. Ketertarikan untuk menekuni dunia bisnisyang tinggi pada generasi Z inilah yang mendorong dilakukannya penelitian ini. Penelitian inibertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha bagi generasi Z.Obyek penelitian difokuskan pada mahasiswa yang tercatat aktif di perguruan tinggi di Yogyakartadan telah menempuh mata kuliah kewirausahaan. Sampel ditentukan sebanyak minimal 15% daripopulasi yang ada. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner melalui googleform. Selanjutnyaanalisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Temuan daripenelitian ini bahwa faktor kepribadian, Spiritual Quotient, efikasi diri dan kebutuhan akan prestasiberpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha pada generasi Z. Sedangkan faktor AdversityQuotient dan Emotional Quotient dinyatakan tidak berpengaruh pada minat wirausaha generasi Z. Kata Kunci: minat berwirausaha, generasi Z
Copyrights © 2021