Sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) telah terbukti tangguh, ketika terjadi krisis ekonomi 1998, hanyasektor UKM yang bertahan dari kolapsnya ekonomi, sementara sektor yang lebih besar justru tumbang olehkrisis. Peran Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sebagai gerakan ekonomi, keberadaannya menjadi lokomotifpenggerak (engine of growth) bagi tumbuh kembangnya wirausahawan baru dan meningkatnya kinerja UKM.Namun UKM masih menghadapi kendala dalam hal keahlian teknis, kompetensi, kewirausahaan danmanajemen seada-nya. Selanjutnya masalah yang dihadapi adalah terbatasnya akses terhadap sumber-dayaproduktif seperti bahan baku, permodalan, teknologi, sarana dan informasi pasar. Tujuan penelitian ini adalahuntuk menganalisis pengaruh sikap kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap pembelajaran dalammeningkatkan kinerja bisnis dari UKM itu sendiri. Model penelitian ini terdiri dari dua hipotesis dengan tigavariabel yaitu sikap kewirausahaan, orientasi pasar dan pembelajaran organisasi. Data yang digunakan yaitu 81UKM di Tangerang dilakukan menggunakan alat analisis Pemodelan Persamaan Struktural dalam programSmart PLS. Hasil analisis data membuktikan bahwa semua hipotesis yang diajukan dapat diterima. Sehinggadapat disimpulkan bahwa pembelajaran organisasi dipengaruhi oleh dua faktor baik itu secara langsung maupuntidak langsung, yaitu orientasi pasar dan sikap kewiransahaan.
Copyrights © 2018