Proceedings Konferensi Nasional Sistem dan Informatika (KNS&I)
2015

Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Rumah Adat Pulau Sulawesi dengan Visualisasi 3 Dimensi

Jesica, Samuri Klarisa ( Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat)
Celia, Longkeng Fridelita ( Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat)
Lengkong, Oktoverano ( Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2015

Abstract

Paper ini membahas tentang rancangan aplikasi rumah adat pulau Sulawesi yang dibuat dalam bentuk 3 dimensi. Rumah adat merupakan salah satu materi yang dipelajari pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Guru dan siswa saat ini masih menggunakan media pembelajaran rumah adat berbatas teks dan gambar 2 dimensi. Pada paper ini, peneliti memanfaatkan teknologi komputer grafik untuk membuat sebuah media pembelajaran rumah adat yang dikemas dalam sebuah aplikasi. User dapat memilih bagian provinsi di Sulawesi yang ingin ditampilkan kemudian rumah adat di masingmasing provinsi yang telah dipilih akan ditampilkan dalam bentuk 3 dimensi disertai informasi teks mengenai rumah adat tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dengan proses model spiral. Model bangunan rumah adat 3 dimensi pada aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Google SketchUp dan aplikasi dibuat dengan Unity3D. Aplikasi ini diharapkan mampu membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran rumah adat.

Copyrights © 2015