Produk-produk IKM saat ini banyak yang kurang memperhatikan kemasan sebagai salah satu halyang penting dalam menentukan minat beli bagi konsumen. Fungsi paling mendasar dari kemasanadalah untuk mewadahi dan melindungi produk dari kerusakan-kerusakan, sehingga lebih mudahdisimpan, diangkut dan dipasarkan. Selain itu kemasan juga berfungsi sebagai identitas produk,menambah daya tarik bagi pembeli, sarana promosi bagi konsumen, alat informasi dankomunikasi bagi konsumen.Kabupaten Pandeglang memiliki komoditi pangan unggulan berupaproduk emping melinjo beserta turunannya. IKM yang memproduksi emping melinjo tersebar dibeberapa kecamatan salahsatunya adalah Kecamatan Banjar.Pada kegiatan pengabdianmasyarakat ini berupaya untuk mengukur tingkat pengetahuan para pelaku usaha emping melinjoterkait dengan beberapa pengetahuan dasar terkait dengan teknik pengemasan produk pangan.Kegiatan dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner sebelum dan sesudah kegiatanpelatihan. Hasilnya menunjukkan dengan adanya kegiatan pelatihan ini berdampak padapeningkatan pengetahuan para pengrajin emping melinjo terutama terkait dengan informasiinformasiyang wajib tertera pada kemasan produk makanan sebesar 10%. Hal tersebut terlihatdari adanya peningkatan persentase jawaban kuesioner dari 80% menjadi 90%.
Copyrights © 2019