Apostolos: Journal of Theology and Christian Education
Vol 2 No 2 (2022): November

REFLEKSI MAZMUR 23:1-6 TERHADAP PELAYANAN PASTORAL YANG HOLISTIK DI MASA PANEDEMI

Endik Firmansah (Unknown)
Ita Lintarwati (Sekolah Tinggi Teologi Anugrah Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Mazmur 23:1-6 adalah Mazmur yang menarik untuk menjadi dasar penggembalaan serta metode penggembalaan yang selalu relefan di setiap masa. Terutama pada masa pendemi seperti yang dialami dua tahun lebih terakhir ini, yang telah menuntut berkembangnya metode penggembalaan, dari yang diluar jaringan (luring) atau pertemuan tatap muka, menjadi dalam jaringan (daring) atau pertemuan dengan menggunakan media sosial. Penggembalaan sebagai panggilan tidak boleh berhenti dengan kondisi yang buruk sekalipun. Hal ini dimungkinkan karena dalam keadaan sulit itu panggembalaan seharusnya melakukan fungsinya untuk menolong jemaat dari setiap kesulitan yang mereka hadapi. Penggembalaan tidak hanya berbicara pelayanan mimbar saja, tetapi juga menyentuh kepada pelayanan menyeluruh atau holistic. Gembala atau pendeta tidak dapat mengajar dengan khutbah yang baik jika jemaat yang dilayani mengalami kelaparan, kemiskinan, dan ketakutan serta kekuatiran. Karena itu penggembalaan yang efektif adalah penggembalaan yang dapat menyentuh keseluruhan pelayanan baik pelayanan fisik, pelayanan jiwa, dan pelayanan rohani. Sehingga dengan penggembalaan atau pelayanan pastoral, jemaat dapat menemukan jawaban dari kesulitan yang mereka hadapi, baik dalam hal ekonomi, sosial, terlebih dalam hal rohani. Karena gembala bukanlah posisi, tetapi gembala adalah fungsi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

apos

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences Other

Description

Apostolos Journal of Theology and Christian Religious Education invites scholars, researchers, and students to contribute the results of their studies and research in fields related to 1. Contemporary Theology 2. Church History 3. Christian Education a. Childrens Education b. Teenagers Education c. ...