Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 5, No 2 (2023): BUDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat

PELATIHAN AKUNTANSI TERINTEGRASI PAJAK PASAL 23/26

Y. Agus Bagus Budi N (FEB, Usakti)
Wulan Sari (FEB, Usakti)
Yosephina Endang Purba (FEB, Usakti)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2023

Abstract

Pembelajaran akuntansi dan pajak merupakan pembelajaran dua bidang yang berbeda. Akuntansi diajarkan terlebih dahulu, baru kemudian diajarkan perpajakan. Hal ini juga berlaku bagi mahasiswa/i jurusan akuntansi di hampir seluruh prodi akuntansi dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan akuntansi, Mereka belajar akuntansi pada semester pertama, berlanjut sampai mereka lulus SMK. Bagi mahasiswa/i jurusan akuntansi, pembelajaran akuntansi berurutan dari pengantar akuntansi 1 (PA1) dilanjutkan PA2. Setelah belajar PA1,siswa mulai belajar perpajakan. Pembelajaran dengan teknik berurutan, menjemukan dan kurang produktif. Solusi yang ditawarkan adalah belajar dengan sekaligus mengintegrasikan akuntansi dengan pajak, karena persoalan akuntansi dan pajak merupakan persoalan yang riil. Pelajaran akuntansi harus mulai mengenalkan pajak sejak awal. PkM ini dilakukan untuk meningkatkan soft skills lulusan SMK Akuntansi yaitu dengan integrasi pembelajaran akuntansi dan pajak sekaligus, diberikan terhadap sebagian anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di Jakarta. Para guru antusias karena kegiatan ini mendorong kemampuan mereka dan bersifat berkesinambungan . PkM ini menggunakan eksperimen pajak penghasilan Pasal 23 dan Pasal 26 Pajak Penghasilan. Para guru diberikan ketentuan yang berlaku, lalu akan disimulasikan transaksi yang terdapat dalam aturan yang berhubungan dengan jasa yang diatur dalam Pasal 23 UU PPh serta jasa lain yang diatur dalam ketentuan perpajakan (PMK 141, 2015). Kata kunci: Pelatihan, Akuntansi, Terintegrasi, Pajak Abstract Accounting and tax learning are two different fields. Accounting is taught first, then taxation follows. This also applies to students majoring in accounting in almost all accounting study programs and Vocational High Schools (SMK) majoring in accounting. They learn accounting when they enter their first semester and continue until they graduate from SMK. For students majoring in accounting, learning accounting is sequential from introductory accounting 1 (PA1) to PA2. After studying PA1, students begin studying taxation (tax). Learning with sequential techniques, boring and less productive. The solution offered is learning while simultaneously integrating accounting with taxes, because both are related closely. Accounting and tax should be introduced from the beginning. This PkM is carried out to improve the soft skills of SMK accounting graduates, by integrating accounting and tax learning at the same time, given to members of the Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) in Jakarta. The teachers were enthusiastic because this activity boosted their abilities and was continuous. This PkM uses income tax experiments Article 23 and 26. The teachers are given the applicable provisions, then transactions will be simulated using the rules relating to services regulated in Article 23 and 26 of the Income Tax Law and regulation of PMK 141, 2015. Kata kunci: Training, Accounting, Integrated, Tax

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JAIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat BUDIMAS diterbitkan 2 (dua) kali setahun (April dan Oktober) oleh LPPM STIE AAS. Terbit pertama pada bulan Oktober 2019. BUDIMAS memuat hasil pengabdian kepada masyarakat dalam segala bidang. Editor mengundang para akademisi dan praktisi terkait (Perguruan Tinggi, ...