Jurnal Agroteknologi Agribisnis dan Akuakultur
Vol. 2 No. 1 (2022): Jurnal Agroteknologi Agribisnis dan Akuakultur Edisi Januari 2022

Analisis Keputusan Konsumen dalam Pembelian Buah Lokal di Pasar Pagi Arengka Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Waris Lestari (Universitas Islam Riau)
Marliati Marliati (Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Produk buah memiliki potensi ekonomi yang tinggi serta memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan manusia. Tingkat konsumsi masyarakat akan buah lokal diantaranya ditentukan oleh perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) Karakteristik Konsumen, Pedagang dan profil kios buah lokal di Pasar Pagi Arengka Kota Pekanbaru, (2) Proses pengambilan keputusan pembelian konsumen buah lokal di Pasar Pagi Arengka Kota Pekanbaru, (3) Faktor-faktor dominan apa saja yang menentukan keputusan konsumen dalam pembelian buah lokal di Pasar Pagi Arengka Kota Pekanbaru, (4) Strategi pemasaran buah lokal pada di Pasar Pagi Arengka Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan untuk responden konsumen buah lokal yaitu Accidental Sampling, sedangkan untuk responden pedagang buah lokal yaitu teknik Purposive Sampling. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis faktor. Berdasarkan hasil penelitian diketahui: (1) karakteristik konsumen buah lokal sebagian besar berjenis kelamin perempuan, dengan kisaran umur 33-39 dan rata-rata umur 33 tahun, berpendidikan rata-rata 12 tahun atau setara SLTA/Sederajat, sudah menikah dan dominan berstatus sebagai ibu rumahtangga, berpenghasilan rata-rata Rp. 4.561.875,-; (2) proses keputusan pembelian konsumen dalam membeli buah lokal berdasarkan produk yang bermutu dan tergantung situasi; (3) Faktor-faktor dominan yang menentukan keputusan konsumen dalam pembelian buah lokal di Pasar Pagi Arengka Kota Pekanbaru terbentuk satu faktor yang terdiri dari 9 variabel yaitu tekstur kulit buah, kandungan gizi buah, harga buah, potongan harga, jarak kios dari rumah, akses menuju kios, pelayanan penjual, kejujuran takaran, dan penataan buah. (4) strategi pemasaran buah lokal adalah dengan memprioritaskan faktor yang paling mementukan keputusan konsumen, hendaknya kualitas produk yang dijual memberikan rasa puas kepada konsumen, dengan harga terjangkau namun kualitas baik dan memberikan pelayanan yang baik pula.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jar

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology

Description

Jurnal Agroteknologi, Agribisnis, dan Akuakultur merupakan jurnal open access yang dikelola oleh Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau Pekanbaru. Penerbitan jurnal dilaksanakan sebanyak dua kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan Juli. Jurnal memuat artikel ilmiah dari penelitian tentang ...