Pengembangan kemampuan guru dalam mendeteksi dan mengatasi miskonsepsi siswa merupakan aspek penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan dasar. Workshop ini bertujuan untuk memberikan panduan kepada guru sekolah dasar dalam pengembangan tes diagnostik untuk mendeteksi miskonsepsi siswa serta pengembangan media berbasis PowerPoint (PPT) untuk meremediasi miskonsepsi tersebut. Workshop ini membahas langkah-langkah praktis dalam merancang tes diagnostik yang sensitif terhadap miskonsepsi siswa. Sasaran kegiatan ini adalah guru-guru Sekolah Dasar. Metode pelaksanaan kegiatan adalah workshop dan pendampingan. Guru-guru diberikan wawasan tentang berbagai jenis miskonsepsi yang umumnya muncul dalam mata pelajaran tertentu dan bagaimana mengidentifikasinya melalui tes diagnostik. Selain itu, peserta workshop juga diberikan panduan tentang penggunaan data tes diagnostik ini untuk merencanakan pembelajaran yang lebih efektif. Selain aspek tes diagnostik, workshop ini juga membahas pengembangan media berbasis PPT sebagai alat untuk meremediasi miskonsepsi siswa. Guru-guru mempelajari cara merancang presentasi PPT yang interaktif dan informatif untuk membantu siswa memahami konsep yang salah kaprah. Workshop ini juga memberikan contoh-contoh praktis penggunaan media berbasis PPT dalam pembelajaran. Hasil kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini, guru-guru sekolah dasar memiliki keterampilan dan pengetahuan yang lebih baik dalam mendeteksi, mengatasi, dan meremediasi miskonsepsi siswa, sehingga dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas.
Copyrights © 2024