Tazkiyya: Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan dan Kebudayaan
Vol 24 No 1 (2023): Januari - Juni 2023

ETIKA INTERAKSI PEMBELAJARAN ANTARA PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK MENURUT AL-QUR‘AN

Qoyimun Qoyimun (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Umi Kulsum (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Hasbullah Hasbullah (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini pemahaman interaksi pendidik dan peserta didik sudah sesuai dengan etika interaksi menurut quran surat Al Kahfi ayat 66 dan interaksi yang kurang baik dapat dipengaruhi oleh segi pengontrolan sikap Pendidik terhadap Peserta Didik hal ini dapat dilihat dari beberapa faktor diantaranya yaitu memotong pembicaraan pendidik, berbicara dengan tidak sopan, dan kurang menghormati pendidik. Metode yang di gunakan Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Yaitu studi di Pondok Pesantren Ar-Rahman Cidadap Kota Serang, dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: Interaksi antara pendidik dan peserta didik di MTs Ar-Rahman cidadap sudah berjalan dengan baik sesuai dengan konsep interaksi yang tertera didalam Al-Quran suart Al – Kahfi ayat 66-70 dan melalui hasil dari pada penelitian di pondok pesantren Ar-Rahman dianggap sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat didilihat dengan kebiasaan mereka seperti mengucapkan salam dan mencium tangan seorang pendidik ketika berada di luar sekolah

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tazkiya

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Social Sciences

Description

Tazkiyya is a periodical scientific publication intended for researchers who want to publish their articles in the form of literature studies, research, and scientific development in the field of Islamic Studies, Communities, and ...