Jurnal Informatika Polinema (JIP)
Vol. 1 No. 4 (2015): Vol 1 No 4 (2015)

PENGEMBANGAN SISTEM PENDETEKSI KEMIRIPAN KARYA PADA INAICTA 2013

Cadea Mikha Pasma (Unknown)
Ulla Delfana Rosiani (Unknown)
Rudy Ariyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2015

Abstract

Indonesia ICT Award (INAICTA) 2013 merupakan ajang lomba karya cipta kreativitas dan inovasi di bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komputer) terbesar di Indonesia yang bertujuan untuk terus mendorong berkembangnya produk-produk TIK (Teknologi Informasi dan Komputer) lokal dengan peningkatan kualitas maupun inovasi produk. Semakin tahun, jumlah kontestan yang mengikuti INAICTA semakin bertambah. Hal tersebut berpengaruh terhadap tingkat kesulitan bagi para juri atau tim penilai untuk mengetahui kemiripan dari inovasi-inovasi para kontestan. Dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat membantu dalam pendeteksian kemiripan tiap hasil karya yang diikutsertakan oleh para kontestan. Oleh karena itu dilakukan pengembangan sistem pendeteksi kemiripan karya pada INAICTA 2013 dengan membandingkan penjelasan ringkas karya para kontestan. Dalam pengembangan sistem pendeteksi ini menggunakan Algoritma Term Frequency– Inversed Document Frequency (TF-IDF) untuk proses pembobotan karya. Dengan TF-IDF sistem akan menghitung berdasarkan term pada setiap karya. Sedangkan untuk melihat tingkat kedekatan atau kesamaan (similarity) karya, sistem ini menggunakan Algortitma Vector Space Model (VSM). Dengan VSM data karya dipandang sebagai sebuah vektor yang memiliki magnitude (jarak) dan direction (arah). Sehingga sistem pendeteksi kemiripan karya pada INAICTA 2013 ini akan menghasilkan urutan tingkat kemiripan karya INAICTA 2013.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Library & Information Science

Description

The focus and scope of articles published in JIP (Journal of Informatics Polinema) encompasses the game technology, information system, computer network, computing, which covers the following scope: Game Technology Artificial Intelligence Intelligent System Machine Learning Image Processing Computer ...