Bangsa Indonesia saat ini dihadapkan pada krisi s karakter yang mulai masuk di dunia pendidikan. Untuk mengatasi krisis karakter di Indonesia, salah satunya perlu dilakukan penerapan budaya disiplin positif di sekolah. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi secara konseptual tentang penerapan disiplin positif dalam implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari filosofi pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian menggunakan data sekunder, dengan metode library research. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendidikan sebagai katalis untuk melatih dan mengembangkan budi pekerti peserta didik, 2) pendidikan bukan hanya ditujukan bagi individu sebagai pembelajar, namun juga kodrat dirinya sebagai bagian integral dari komunitasnya, serta 3) disiplin positif bukan merupakan bagian yang terpisah dengan proses pendidikan, namun terintegrasi dengan semua proses pendidikan.
Copyrights © 2024