Pembelajaran berdiferensiasi merupakan teknik instruksional dengan menggunakan berbagai metode untuk menyesuaikan proses pembelajaran agar dapat memenuhi kebutuhan siswa. Pembelajaran berdiferensiasi dalam tinjauan Pendidikan Agama Islam adalah upayah yang memungkinkan pada setiap guru PAI dan siswa untuk saling berinteraksi sehingga terjadilah proses transfer pemahaman mengenali kebutuhan untuk menyiapkan preferensi belajar. Dengan demikian, pembelajaran berdiferensiasi perspektif merdeka belajar; konsep dan implementasinya dalam Pendidikan Agama Islam dimaksudkan untuk meminimalkan perbedaan metode dalam belajar terhadap siswa yang berkemampuan rata-rata dengan yang berkemampuan di bawah standar. Proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam diolah sedemikian rupa sehingga siswa merasa tertantang belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran berdiferensiasi dalam Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, dimana penulis mengkaji dengan menelusuri berbagai bahan serta mengumpulkan informasi baik dari buku, makalah, jurnal dan lain-lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi pada pelajaran Pendidikan Agama Islam akan memberikan kesempatan belajar secara natural, mengekplorasi potensi tiap siswa. Secara konseptual, hasil penelitian menemukan metode ini, yang memberikan peluang kepada siswa untuk menentukan cara belajarnya sesuai kemampuan potensi yang dimiliki dan hal ini selaras dengan tujuan Pendidikan Agama Islam.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024