Jurnal Asosiatif
Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Asosiatif

Pengaruh Iklan dan Promosi terhadap Sikap Tingkah Laku Mahasiswa Universitas Sahid Surakarta

Dhian Riskiana Putri (Program Studi Psikologi, Fakultas Sosial Humaniora dan Seni, Universitas Sahid Surakarta)
Hardika Khusnuliawati (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains Teknik dan Kesehatan, Universitas Sahid Surakarta)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh iklan dan promosi terhadap tingkah laku mahasiswa Universitas Sahid Surakarta. Tingkah laku mahasiswa dalam mengikuti aktivitas belajar dipengaruhi oleh minatnya terhadap citra perguruan tinggi yang bersangkutan. Citra perguruan tinggi tidak terepas dari iklan dan promosi yang disampaikan kepada masyarakat. Dengan demikian, hipotesis peneliti adalah iklan dan promosi memberi pengaruh terhadap tingkah laku mahasiswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan skala psikografis dengan sub variabel iklan dan promosi serta skala tingkah laku pada 230 responden, yang merupakan mahasiswa Universitas Sahid Surakarta. Analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara ikan dan promosi terhadap sikap tingkah laku mahasiswa Universitas Sahid Surakarta sebesar 20,1%. Hal ini ditunjukkan dengan nilai R Square 0,201.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JATIV

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal ASOSIATIF adalah publikasi hasil penelitian di bidang Sosial, Humaniora, dan Seni. Jurnal ASOSIATIF diterbitkan oleh Fakultas Sosial Humaniora dan Seni bekerjasama dengan Konsorsium Nasional Pengelola Jurnal Pegabdian. Jurnal ASOSIATIF menerbitkan hasil tulisan dari Dosen, Guru, Mahasiswa, ...