Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode Brainstorming terhadap keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V SDN Jatimurni V kota Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian semu, dengan desain penelitian nonequivalent groups dengan pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Jatimurni V kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat semester II tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan secara acak diambil dua kelas yang terdiri atas kelompok eksperimen yang berjumlah 28 peserta didikdan kelompok kontrol yang berjumlah 26 peserta didik. Pretest dan Posttest digunakan dalam rangka mengukur keterampilan berbicara peserta didik. Validitas dan reliabilitas instrument dihitung dengan program ms. Excell. Analisis data menggunakan uji independent t untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran yang meliputi metode brainstorming terhadap keterampilan berbicara peserta didik SDN Jatimurni V kota Bekasi pada pembelajaran peta pikiran. Terbukti dari hasil uji-t dengan signifikansi 0.05 pada kelompok eksperimen, dengan artian metode brainstorming mampu meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indoenesia terutama pada pembelajaran peta konsep di SDN Jatimurni V
Copyrights © 2023