Action Research Literate (ARL)
Vol. 7 No. 11 (2023): Action Research Literate

Revitalisasi Bahasa Daerah Melalui Tradisi Batuter dengan Metode Imitasi Model pada Pembelajaran Muatan Lokal: Upaya Meningkatkan Penguasaan Bahasa Ibu di Kelas V SD Negeri I Tepas

Faridah, Faridah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penguasaan bahasa ibu siswa, khususnya bahasa daerah Sumbawa (dialek Taliwang), melalui kegiatan budaya batuter sebagai strategi revitalisasi bahasa daerah di sekolah dasar. Dalam dua siklus pembelajaran Muatan Lokal, data dikumpulkan dengan metode simak dan dianalisis menggunakan teknik imitasi model. Hasil menunjukkan peningkatan penguasaan bahasa ibu sebesar 12%, dari 69% pada siklus I menjadi 81% pada siklus II, sementara ketuntasan belajar meningkat 45%, mencapai 90% pada siklus II. Data tersebut memenuhi indikator keberhasilan sebesar 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi batuter dengan metode imitasi model dapat meningkatkan penguasaan bahasa ibu siswa, khususnya bahasa Samawa. Hal ini sejalan dengan upaya revitalisasi bahasa daerah, seperti yang diadvokasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Peningkatan penguasaan bahasa ibu melalui tradisi batuter diharapkan dapat memperkuat upaya pelestarian dan revitalisasi bahasa Samawa, terutama dialek Taliwang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

arl

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences

Description

Action Research Literate is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published biannual by Syntax Corporation Indonesia. Development of the company make the this Journal is transferred management to the Ridwan Institute which became the part of of ...