Action Research Literate (ARL)
Vol. 8 No. 1 (2024): Action Research Literate

Strategi Marketing dalam Bisnis Recovery Batik Komar di Era New Normal

Tetra, Arrahmansah (Unknown)
Zalfiana, Effy (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2024

Abstract

Krisis pandemi COVID-19 secara mendasar berdampak pada siklus perekonomian dunia usaha, khususnya bagi UMKM. Sebagai sebuah usaha bisnis, UMKM harus mempunyai strategi khusus untuk pemulihan usahanya. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif. Dengan menggunakan Studi Kasus Batik Komar, penelitian ini bertujuan untuk membahas strategi pemasaran UMKM Batik Komar dalam pemulihan usaha di era new normal. Penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan Batik Komar sangat kompleks. Ini berfokus pada inovasi, personal branding, dan konten digital. Batik Komar berhasil meningkatkan omzetnya di era new normal. Terdapat delapan (8) strategi yang dilakukan yaitu identifikasi segmentasi pasar, positioning produk, riset pasar, bauran pemasaran, IMC, pemasaran berbasis nilai (inovasi), pemasaran berbasis hubungan (personal branding), dan pemasaran digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arl

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences

Description

Action Research Literate is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published biannual by Syntax Corporation Indonesia. Development of the company make the this Journal is transferred management to the Ridwan Institute which became the part of of ...