Action Research Literate (ARL)
Vol. 8 No. 4 (2024): Action Research Literate

Perbandingan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Antara Penggunaan Buku Digital Interaktif Dan Powerpoint

Suprihadi, Dudi (Unknown)
Kusumaryono , R. Suyato (Unknown)
Sofwah Sani , Maris (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2024

Abstract

pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA Terpadu. Penelitian inimenggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-C di SMPN 2 Kersamanah. Hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan Buku Digital Interaktif sebesar 0.58 dengan kategori sedang. Selanjutnya peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan power point sebesar 0.37 dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diketahui nilai sig (2-tailed) < 0,05, maka diterima Ha artinya penggunaan buku digital interaktif lebih efektif dibandingkan powerpoint dalam meningkatkan hasil belajar IPA Terpadu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arl

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences

Description

Action Research Literate is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published biannual by Syntax Corporation Indonesia. Development of the company make the this Journal is transferred management to the Ridwan Institute which became the part of of ...