Action Research Literate (ARL)
Vol. 8 No. 3 (2024): Action Research Literate

Perancangan Model Bisnis dengan Menggunakan Business Model Canvas yang Berfokus pada Blok Marketing pada Umkm XYZ

Haynes, Erin (Unknown)
Chumaidiyah, Endang (Unknown)
Almaududi Pulungan, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2024

Abstract

XYZ merupakan sebuah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang menjual berbagai jenis kebutuhan di e-commerce Tokopedia dan Shopee. Akan tetapi, penjualan di e-commerce Tokopedia mengalami penurunan sejak bulan Oktober tahun 2022. Oleh karena itu, dilakukanlah perancangan model bisnis usulan demi meningkatkan pendapatan bisnis XYZ. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk merancang model bisnis XYZ menggunakan Business Model Canvas. Penelitian ini diawali dengan memetakan Business Model Canvas eksisting dari XYZ, lalu analisis profil pelanggan, dan kemudian dilakukan analisis SWOT. Setelah itu, dilakukan perancangan model bisnis yang baru dari XYZ. Dari hasil perancangan model bisnis usulan yang berfokus pada blok marketing yaitu pada blok customer relation, customer segment, dan channel dari XYZ. Maka, dibuatlah perancangan platform pemasaran baru melalui Tik-Tok guna meningkatkan pendapatan XYZ

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arl

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences

Description

Action Research Literate is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published biannual by Syntax Corporation Indonesia. Development of the company make the this Journal is transferred management to the Ridwan Institute which became the part of of ...