Jurnal Studi Komunikasi dan Media
Vol 19, No 1 (2015): Jurnal Studi Komunikasi dan Media

PENGGUNAAN INTERNET OLEH MASYARAKAT (Survai pada Masyarakat Kelurahan Tamamaung, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Propinsi Sulawesi Selatan)

Pala Rukman (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2016

Abstract

ABSTRACT The phenomenon of the development of ICT allows the public to use convergence media (internet). This study focuses on the use of the internet among community members in Kelurahan Tamamaung, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar. By using the survey method and using the concept of activity introduced by Levy in second dimension in context of uses concept in model of uses and gratificationintroduced by Katz, Gurevitch dan Hass, this research conclude that assumption in model of uses and gratification theory that audience activities in consuming the media is proven. the proof is the presence of diverse activities of internet use in the second dimension. Variety phenomenon of Internet usage activity itself becomes the pattern for every individual who theoretically according to model assumptions uses and gratification theory get formed because of fullfilling each satisfaction. Key words : uses, internet, information. ABSTRAK Berlatarbelakangkan fenomena perkembangan ICT yang memungkinkan anggota masyarakat menggunakan media konvergensi (internet), penelitian ini memfokuskan permasalahannya pada soal penggunaan internet anggota masyarakat di Kelurahan Tamamaung, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar. Dengan menggunakan metode survai melalui pemakaian konsep aktifitas Levy dalam dimensi kedua dalam konteks konsep uses dalam model teori uses and gratification Katz, Gurevitch dan Hass, penelitian ini menyimpulkan bahwa asumsi yang dikemukakan oleh model teori uses and gratification bahwa adanya aktifitas khalayak dalam mengkonsumsi media itu, memang terbukti dalam penelitian ini. Bukti itu ditandai oleh adanya ragam fenomena aktifitas penggunaan internet dalam dimensi kedua tadi. Ragam fenomena aktifitas penggunaan internet itu sendiri, tampak menjadi pola tersendiri bagi setiap individu yang notabene secara teoritis menurut asumsi model teori uses and gratification terbentuk karena dorongan untuk memenuhi kepuasan masing-masing. Kata-kata kunci : Penggunaan, internet, informasi.

Copyrights © 2015