Rumah sakit diharapkan mampu memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu, agar masyarakat dapat hidup sehat dan mencapai tujuan pembangunan kesehatan yang merata. Ada tiga pihak yang terlibat dalam pelayanan kesehatan di Rumah sakit, yaitu pihak penyedia dan pemberi pelayanan dan pihak pengguna layanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk manajemen pelayanan yang dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Dr. L. M. Baharuddin, M.Kes terhadap kualitas pelayanan publik di Kabupaten Muna. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode observasi dan wawancara dengan sampel berjumlah 30 orang, yaitu terdiri dari dokter, perawat, petugas administrasi, serta pasien rawat jalan. Penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di Rumah Sakit Dr. L. M. Baharuddin, M.Kes dilihat berdasarkan Realibility (Kehandalan), Responsiveness (Ketanggapan), Tangibility (Keberwujudan), Assurance (Jaminan), dan Empati sudah terpenuhi dengan baik sedangkan sistem pelayanan yang dimiliki sudah memenuhi prinsip kesederhanaan dan kejelasan. Manajemen kualitas pelayanan kesehatan Rumah Sakit Dr. L. M. Baharuddin, M.Kes, secara umum dinilai telah baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023