Muhasabah adalah melakukan introspeksi terhadap semua ucapan atau perbuatan yang telah diperbuat. Muhasabah dapat menjadi salah satu metode yang efektif dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual yang menempati posisi pertama dalam menentukan pencapaian prestasi puncak sebelum kecerdasan intelektual. Sebagai prasyarat penerapan muhasabah dalam lembaga pendidikan formal dan non formal, maka perlu penelitian yang berkaitan dengan muhasabah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh muhasabah terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa profesi Kedokteran Universitas Muslim Indonesia. Penelitian ini menggunakan explanatory sequential mixed methods dengan pendekatan cross sectional study. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai muhasabah mahasiswa profesi kedokteran UMI menunjukkan bahwa sebagian besar memiliki nilai Mumtaz yaitu 24 (52.2%), Ahsan 20 (43.5%), dan cukupĀ 2 (4.3%), IPK mahasiswa paling banyak pada kategori Dengan Pujian yaitu 37 (80.4%), Sangat Memuaskan 8 (17.4%) dan Memuaskan 1 (2.2%). Dari analisis bivariat nilai signifikansi sebesar 0.001, angka ini menunjukkan < 0.05 bermakna terdapat hubungan antara nilai muhasabah terhapap IPK mahasiswa dengan hasil data wawancara menunjukkan mahasiswa yang melakukan muhasabah mendapat manfaat yang luar biasa yang cukup mempengaruhi proses mahasiswa dalam menyelesaikan tahap profesinya. Kesimpulan dari penelitian ini didapatkan bahwa hubungan yang signifikan antara nilai muhasabah terhadap IPK mahasiswa program profesi dokter fakultas kedokteran Universitas Muslim Indonesia batch 4 tahun 2022. Muhasabah memiliki manfaat yang luar biasa yang cukup mempengaruhi proses mahasiswa dalam menyelesaikan tahap profesinya
Copyrights © 2024